Ruang Lingkup Bisnis

Untuk mengetahui ruang lingkup bisnis tentunya kita harus mengetahui apa definisi bisnis, jenis – jenis kegiatan dari pada bisnis, tujuan kita berbisnis, dan hal lainnya yang menyangkut tentang bisnis. Dalam tugas kali ini saya akan menguraikan beberapa lingkup tentang bisnis.

1.    Pengertian Bisnis dan Jenis Kegiatannya

  • Bisnis (business) adalah kegiatan apa pun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak – pihak lain saat mengoperasikannya untuk mencapai laba (profit).
  • Bisnis sebagai sebuah organisasi. Organisasi adalah sistem yang terdiri dari berbagai subsistem dan bagian dari sistem yang lain. Adapun, jenis kegiatan bisnis sebagai sebuah organisasi :

a.    Produksi           : menciptakan barang dan jasa

b.    Keuangan          : kegiatan mencari dana yang dibutuhkan untuk

melakasanakan kegiatan dagang

c.    Pemasaran         : kegiatan untuk menginformasikan barang dan jasa,

mengidentifikasikan keinginan dari pada konsumen

d.    Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) : kegiatan mencari para tenaga kerja dan usaha untuk meningkatkan kemampuannya.

2.   Tujuan Kegiatan Bisnis

Tujuan kegiatan bisnis adalah mendapatkan laba dari kegiatan yang dilakukan  dalam jangka waktu tertentu.

  • Klasifikasi dari Tujuan Bisnis

Bisnis memang memiliki tujuan utama,yaitu mendapatkan laba. Tapi, bukan hanya itu tujuan bisnis. Untuk mengejar keuntungan (laba) pemilik Sbisnis harus menjaga penampilan berbisnisnya. Oleh karena itu, setiap unit bisnis tidak dapat mengabaikan kepentingan karyawan, pelanggan,  serta kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

Dengan demikian tujuan bisnis dapat diklasifikasikan sebagai :

a.    Tujuan Ekonomi -> mengacu pada keuntungan produktif

  • Mencari keuntungan (laba)
  • Menciptakan pelanggan untuk membeli barang atau jasa yang diproduksi dan yang ditawarkan
  • Memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik mungkin karena ketersediaan sumber daya yang ada terbatas, sedangkan kebutuhan tak terbatas.

b.    Tujuan Sosial -> untuk kepentingan masyarakat umum

  • Dapat memproduksi barang dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang efisien
  • Unit bisnis harus bekerja untuk kesejahteraan umum dan peningkatan masyarakat.

c.    Tujuan Secara Kemanusiaan -> mengacu pada kesejahteraan serta pemenuhan kebutuhan karyawan

  • Menciptakan perekonomian yang sejahtera bagi karyawan. Contoh : tunjangan kesehatan, tunjangan pensiun dan fasilitas rumah dinas bagi pekerja
  • Mengembangkan sumber daya manusia dengan workshop atau seminar

d.    Tujuan Nasional -> memenuhi kebutuhan aspirasi dan kebutuhan nasional dalam suatu negara

  • Menciptakan lapangan pekerjaan
  • Memproduksi dan memasok barang sesuai dengan prioritas yang ditetapkan dalam rencana dan kebijakan pemerintah
  • Berkontribusi dalam pendapatan negara. Para pemilik bisnis harus membayar pajak dan iuran secara jujur. Hal ini akan meningkatkan pendapatan pemerintah, yang dapat digunakan untuk pembangunan bangsa
  • Menolong negara untuk mandiri dan memiliki tanggung jawab tambahan untuk membatasi impor barang. Selain itu, setiap unit bisnis harus bertujuan meningkatkan ekspor dan menambah cadangan devisa negara

e.    Tujuan Global -> menghadapi persaingan di pasar global

  • Membuat barang dengan kualitas yang baik sehingga dapat meningkatkan standar kehidupan suatu negara secara umum
  • Mengurangi kesenjangan antarbangsa
  • Bisnis harus menghasilkan barang dan jasa yang kompetitif secara global dan memiliki permintaan besar di pasar luar negeri. Hal ini akan meningkatkan citra negara pengekspor dan juga mendapatkan lebih banyak devisa bagi negara.

3.   Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

Griffin,R & Ebert, R., mengungkapkan bahwa pengaruh-pengaruh kekuatan perekonomian pada bisnis dan pengaruh-pengaruh bisnis pada perekonomian adalah dinamis. Jadi, pengaruh kondisi perekonomian dalam suatu negara sangat erat dengan kegiatan bisnis. Maka dari itu kita harus tahu dan mengerti tentang sistem perekonomian dan juga sistem pasar karena berpangaruh dalam ruang lingkup bisnis.

  • Sistem ekonomi adalah stuktur dan pola keterkaitan antara pelaku – pelaku ekonomi (pemerintah, bisnis, swasta, industry, koperasi, pemodal, dan masyarakat) yang saling melakukan transaksi pertukaran barang dan jasa untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya. Tiap – tiap negara mempunyai sistem perekonomian yang belum tentu sama dengan negara lain.
    • Jenis – Jenis Sistem Perkonomian

a.    Sistem Perekonomian Kapitalisme (Liberalis), yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis, semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.

b.    Sistem Perekonomian Sosialisme (Komando), yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

c.    Sistem Perkonomian Campuran, yaitu sistem perekonomian yang ditandai dengan keikutsertaan pemerintah dalam menentukan cara – cara mengatasi masalah – masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat. Akan tetapi campur tangan tersebut tidak sampai menghapuskan sama sekali kegiatan – kegiatan ekonomi yang dilakukan pihak swasta, yang diatur menurut prinsip – prinsip kegiatan ekonomi dalam perkonomian pasar. Pada sistem ekonomi campuran keburukan sistem ekonomi pasar dan pusat terhindari, dan kebaikan – kebaikan kedua sistem tersebut diterapkan.

d. Sistem Perekonomian Komunisme, adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber – sumber kegiatan perekonomian. Setiap orang tidak boleh memiliki kekayaan pribadi. Sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yng besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan.

e. Sistem Ekonomi Merkantilisme, yaitu suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak asset dan modal yang dimiliki negara.

f. Sistem Perekonomian Fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain, dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.

  • Sistem Pemasaran

Sebelum memahami sistem pemasaran, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu tentang pasar dan pemasaran. Pasar adalah tempat penjual dan pembeli. Artinya, suatu tempat atau daerah yang didalamnya terdapat kekuatan – kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk menentukan harga. Sedangkan, pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan. Dan system pemasaran adalah pola hubungan dari pelaku – pelaku kegiatan pemasaran yang mempunyai tujuan transaksional tertentu.

  • Sistem pemasaran ada berbagai macam, yaitu :

a.    Direct Marketing -> langsung ke konsumen

b.    Ada juga dengan cara menekankan image

4.   Celah Kesempatan Bisnis

Peluang menjadi pengusaha sangatlah besar untuk sekarang ini. Seringkali peluang yang paling menarik adalah memiliki dan mengelola bisnis Anda sendiri. Jutaan orang dari seluruh dunia telah menerima tantangan kewirausahaan dan berhasil. Contohnya, sekarang banyak pemimpin bisnis terkemuka dari Afrika – Amerika, diantaranya Kase Lawal dari CAMAC Internasional, Gregory Jackson dari Prestige Automotive, dan John W. Thompson dari Symantec. Sekarang pun, ada peluang yang sangat besar bagi seluruh laki – laki dan perempuan yang ingin mengambil bagian dalam memulai sebuah bisnis. Mengapa dikatakan laki – laki dan perempuan ? karena jumlah perempuan pemilik usaha telah meningkat drastis dalam 20 tahun terakhir. Di tahun 1980, sekitar 3 juta perempuan pemilik bisnis; tahun 2005, ada lebih dari 10,6 juta perusahaan yang 50 persen atau lebih dimiliki perempuan. Perempuan kini memiliki lebih dari sepertiga jumlah bisnis keseluruhan. Nama – nama yang taka asing lagi ialah Oprah Winfrey, Donna Karan, dan Lillian Vernon.

5.   Unsur – Unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi

  • Pemangku Kepentingan (stakeholders) adalah semua orang yang mungkin memperoleh keuntungan atau kerugian dari kebijakan – kebijakan dan aktivitas – aktivitas suatu perusahaan. Pemangku kepentingan meliputi pelanggan :
    • Pemilik (Owners)           : Setiap bisnis dimulai dari hasil ide mengenai barang dan jasa oleh orang yang disebut wirausaha (entrepreneur). Ia yang mengorganisasikan dan mengelola resiko yang dihadapi mulai dari permulaan bisnis
    • Kreditur (Creditors)     : Perusahaan memerlukan dana yang lebih dari pada yang didapat dari pemilik. Kreditur dapat memberikan solusi sebagai penyedia peminjaman untuk memulai bisnis.
    • Pekerja (Employees)      : hasil ide pemilik untuk membangun bisnisnya, harus didukung karyawan. Karyawan yang direkrut untuk menyelenggarakan bisnis.
    • Pemasok (Suppliers)      : menyelenggarakan bisnis membutuhkan bahan (material) yang dibutuhkan untuk produksi melalui pemasok.
    • Pengontrakan Keluar (Outsourcing) berarti mengontrak perusahaan lain (sering kali di negara lain) untuk melakukan beberapa atau seluruh fungsi dari suatu perusahaan. Menugaskan berbagai fungsi, seperti akuntansi, produksi, keamanan, pemeliharaan, dan pekerja – pekerja hokum kepada organisasi lain.

6.    Landasan Berpikir dalam Berbisnis adalah memiliki pengetahuan dan mengambil keputusan etis karena para pemilik bisnis harus selalu berinovasi untuk perbaikan produk. Bahkan, Peter Drucker, pakar manajemen dan konsultan bisnis, mengatakan faktor produksi dalam perekonomian kita adalah, dan akan selalu berupa pengetahuan. Mengambil keputusan etis sangat penting untuk mengambil keputusan mana yang baik dan mana yang tidak.

7.   Mengapa Kita Belajar Bisnis ?

Setidaknya kita perlu mempelajari bisnis karena banyak orang yang telah belajar bahwa salah satu cara terbaik untuk mencapai keberhasilan di seluruh dunia adalah dengan memulai sebuah usaha. Bisnis menyediakan peluang bagi banyak orang untuk menjadi kaya. Bisnis tidak hanya menghasilkan uang untuk pengusaha. Bisnis menyediakan bagi kita semua kebutuhan hidup, seperti makanan, pakaian, rumah, perawatan kesehatan, transportasi juga barang – barang, dan jasa – jasa lainnya yang membuat kehidupan kita lebih mudah dan lebih baik. Pengusaha seperti Sam Walton (Wal-Mart) dan Bill Gates (Microsoft) tidak hanya menjadikan diri mereka kaya raya dengan memulai bisnis yang sukses; mereka juga menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

 

Sumber :

©       Budiarto, Teguh, Dasar Pemasaran, Universitas Gunadarma, Depok, 1993.

©       http://bagus.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/10003/Konsep+Bisnis-1.ppt

©       http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=1&ved=0CBUQFjAA&url=http%3A%2F%2Firmarr.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F11617%2Fetika%2B_bisnis3.doc&rct=j&q=lima%20pemegang%20kepentingan%20utama%20dalam%20bisnis&ei=8gG6TJatA4eivgOs_9XfDQ&usg=AFQjCNEBnU3bE1Vq8WyCqH-7Zn3CQaF9gg&cad=rja

©       http://handzmentallist.blogspot.com/2009/12/macam-macam-sistem-perekonomianpengerti.html

©       http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian

©

©

©       http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.nios.ac.in/Secbuscour/cc03.pdf

©       Nickels, William J., McHugh James M., & McHugh Susan M., Understanding Business Edisi 8 Buku 1, Salemba Empat,  Jakarta, 2009.

©       Mubarak, M. Mulyana, Pengantar Bisnis, http://moebsmart.co.cc

©       Tim Penyusun Naskah BTA, Teori dan Soal Ekonomi, BTA, Jakarta, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: