Pemasaran

Pasar dan Pemasaran

a.      Definisi pasar

Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau, daerah tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga.

b.      Definisi Pemasaran

1.      Menurut Koetler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

2.      Menurut American Marketing Asociation, pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Jenis – Jenis Pasar

a.      Jenis – Jenis Pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi dan menurut jenis barangnya.

Jenis-Jenis Pasar

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya

Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:

  • Pasar Nyata

Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.

  • Pasar Abstrak

Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Jenis pasar menurut cara transaksinya

Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

 

 

  • Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

 

  • Pasar Modern

Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya

Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.

Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi

Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:

  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional

Konsep Inti Pemasaran

1.      Kebutuhan       : suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman, dan kasih sayang.

2.      Keinginan        : keinginan adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang

3.      Permintaan     : kebutuhan/ keinginan seseorang yang didukung daya beli

4.      Produk             : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, atau mengonsumsi untuk memenuhi kebutuhan/keinginan

5.      Pertukaran      : kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya

6.      Transaksi         : adanya nilai – nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak dengan melibatkan sedikitnya dua barang/jasa dengan kesepakatan

7.      Pasar               : himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk

Manajemen Pemasaran

a.      Ada delapan permintaan yang berbeda – beda ;

1.      Permintaan negatif

2.      Tidak ada permintaan

3.      Permintaan terpendam

4.      Permintaan yang menurun

5.      Permintaan yang tidak teratur

6.      Permintaan penuh

7.      Permintaan yang berlebihan

8.      Permintaan yang tidak sehat

b.      Falsafah manajemen pemasaran

Ada lima konsep dalam manajemen penmasaran, yaitu :

1.      Konsep produksi

2.      Konsep produk

3.      Konsep penjualan

4.      Konsep pemasaran

5.      Konsep pemasaran pemasyarakatan

 

Bauran Pemasaran

kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain

Tujuan sistem pemasaran

a.      Ada empat yang menjadi tujuan alternative :

1.      Memaksimalkan konsumsi

2.      Memaksimalkan kepuasan konsumen

3.      Memaksimalkan pilihan

4.      Memaksimalkan kualitas hidup

Pendekatan dalam mempelajari pemasaran

1.      Pendekatan serba barang

2.      Pendekatan institusi

3.      Pendekatan manajerial

4.      Pendekatan fungsional

5.      Pendekatan social

 

Sumber :

Fuad,M., H,Christine, Nurlela, Sugiarto, Y.E.F.,Paulus, Pengantar Ekonomi, PT Gramedia Pustaka, Jakarta, 2001.

http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html

 

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: