Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen keuangan perusahaan adalah aktivitas yang terkait dengan perencanaan dan pengendngalian perolehan serta pendistribusian aset-aset keuangan perusahaan.

Peran dan Tanggung Jawab  Manajer Keuangan

Tanggung jawab utama dari manajemen keuangan ialah meningkatkan nilai perusahaan atau dengan kata lain meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham perusahaan.  Dengan demikian, manajer keuangan harus berupaya agar keuntungan perusahaan harus melebihi biaya-biaya yang ditanggung perusahaan tersebut.

Perhitungan dalam peran dan tanggung jawab manajer keuangan :

1.     Penganggaran Modal (Capital Budgeting)

Seluruh proses perencanaan dan pengambilan keputusan yang berkenaan dengan pengeluaran dana yang jangka waktu pengembaliannya melebihi satu tahun.

2.     Penggolongan investasi aktiva tetap dan pemilihan alternative

Terdapat beberapa cara penggolongan  usulan investasi dalam aktiva tetap, yaitu :

a.     Investasi penggantian, aktiva yang sudah usang (obsolete) atau aus (Wear-out) harus diganti dengan aktiva baru agar produksi tetap berlanjut.

b.     Investasi penambahan kapasitas

Misal, usul penambahan jumlah mesin atau pembukuan pabrik baru.

c.      Investasi penambahan jenis produk baru, investasi ini mempunyai tingkat ketidakpastian yang besar karena menyangkut produk baru.

d.     Investasi lain-lain

Investasi ini tidak termasuk dalam investasi ketiga diatas. Misal, investasi untuk pemasangan alat pemanas (heater), alat pendingin (air conditioner), dll.

3.     Metode penilaian investasi

Beberapa penggolongan metode yang dapat digunakan :

a.     Metode yang mendasarkan perhitungan atas keuntungan akuntansi. Contoh : Average Rate of Return

b.     Metode yang berdasarkan perhitungan atas dasar arus kas.

4.     Arus kas masuk (cash inflow)

Aliran kas masuk netto, yaitu aliran uang tunai masuk sebagai hasil dari investasi baru dan sering pula disebut cash proceeds.

5.     Metode Accounting Rate of Return, menggunakan persentase keuntungan netto setelah pajak atas investasi awal atau rata-rata investasi awal.

6.     Metode Masa Pengembalian Investasi

Metode ini berdasarkan perhitungan pada arus kas investasi. Dalam metode ini akan dihitung, berapa lama aris kas masuk dapat menutupi aliran kas keluar yang dipakai sebagai invesstasi awal.

7.     Metode Net Present Value, metode yang digunakan dalam penilaian investasi karena mampu mengatasi kelemahan dari metode penilaian yang memperhatikan nilai waktu dari uang.

8.     Metode Profitability Index

Metode ini dapat menjadi pelengkap bagi perhitungan dalam menentukan usulan investasi mana yang akan dipilih apabila perusahaan memiliki keterbatasan dana.

9.     Metode Internal Rate of Return, ialah tingkat bunga yang akan menjadikan nilai sekarang dari proceeds yang diharapkan akan dditerima (PV of Proceeds) sama dengan nilai sekarang dari pengeluaran modal (PV Outlays).

Perencanaan Keuangan

  • Mengapa perusahaan memerlukan dana ?

Setiap perusahaan memerlukan dana untuk tetap beroperasi, karena kegagalan dalam membayar pemasok dapat membuat bangkrutnya usaha.

  • Pembiayaan Perusahaan

Perusahaan membutuhkan dana yang tidak saja dapat dipenuhi oleh kemampuan modal awal dari pemilik serta kemampuannya dalam menghasilkan laba, tetapi juga dana dari luar perusahaan seiring dengan perkembangan kemajuan usahanya. Asal sumber dana dibedakan menjadi sumber dana internal (dari dalam perusahaan): laba ditahan (retained earning), saham biasa (commonstock), dan sumber eksternal (dari luar perusahaan).

Resensi :

Fuad,M., H,Christine, Nurlela, Sugiarto, Y.E.F.,Paulus, Pengantar Bisnis, PT Gramedia Pustaka, Jakarta, 2001.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: