Berbisnis dalam Era Globalisasi

Dalam konteks umum, bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, dan pertukaran barang atau pun jasa yang melibatkan orang atau suatu perusahaan. Aktivitas dalam bisnis tujuan umumnya ialah menghasilkan laba untuk kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksanaan kegiatan si pelaku bisnis (businessman) itu sendiri.

Sebagaimana disadari, perekonomian global telah mengalami perubahan yang radikal dalam dua dasawarsa terakhir ini.ekonomi dunia secara keseluruhan sedang berkembang pesat. Hal itu dikarenakan beberapa faktor, yaitu :

1.     Globalisasi, pertumbuhan perdagangan global, dan persaingan internasional,  membuat tidak adanya negara yang dapat terisolasi dari perekonomian dunia sekarang ini.

2.     Perubahan dan kemajuan teknologi yang pesat, banyaknya sesuatu yang telah berubah menjadi lebih canggih. Misal, di Indonesia tahun 1960-an sampai awal 1970-an penggunaan mesin hitung mekanis masih banyak dijumpai (dominan). Sekarang, penggunaan kalkulator ilmiah makin menjamur.

Globalisasi yang terjadi pada sekarang ini telah mendorong seleksi alamiah yang mengarah pada ‘yang terkuat yang bertahan’. Keberhasilan pasar akan didapat dari perusahaan yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan saat ini, yaitu mereka yang mampu menyajikan penjualan apa yang siap dibeli orang/konsumen.

Kekuasaan pasar sekarang ini sudah berada di tangan konsumen, batasan-batasan Negara dan wilayah tidak menjadi kendala, setiap saat akan muncul pesaing baru dengan biaya yang lebih murah, dan konsumen semakin peka terhadap harga dan nilai. Kesemua hal itu adalah dampak dari Globalisasi dalam berbisnis sekarang ini.

Karena perubahan yang semakin pesat dalam era globalisasi ini sehingga situasi dan kondisi demikian ‘seharusnya’ memotivasi para pelaku bisnis agar senantiasa mampu mengantisipasi pasar secara berkesinambungan. Untuk itulah, mereka perlu menganalisis pasar, mengenali peluang, memformulasikan strategi pemasaran, menyusun anggaran dan pelaporan kerja dan selalu melakukan perencanaan bisnis yang disusun secara cermat untuk pengambilan keputusan dalam berbisnis.

Resensi : Fuad,M., H,Christine, Nurlela, Sugiarto, Y.E.F.,Paulus, Pengantar Bisnis, PT Gramedia Pustaka, Jakarta, 2001.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: