Kegunaan Internet

Begitu canggihnya  teknologi sekarang membuat banyak orang semakin mudah mengerjakan sesuatu.  Hal yang begitu terasa bagi saya pada zaman globalisasi ini yang bisa membuat sesuatu menjadi praktis dan efisien adalah dengan adanya kehadiran Internet.

Sebelum saya memaparkan kegunaan internet, terlebih dahulu saya ingin menjelaskan apa itu internet. Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Internetinternet (kependekan dari interconnected-networking) adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala, Internet (dengan huruf “I” besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian dari internet yang besar dinamakan Internet.

Banyak kegunaan yang menguntungkan dari Internet baik dalam bidang akademis, bisnis, komunikasi, organisasi, dll (sebagian dari http://perpustakaan-online.blogspot.com/2008/05/internet-dan-manfaatnya.html)

a.      Gudang Informasi

Dengan adanya Internet penyebaran informasi semakin cepat karena adanya fasilitas Search Engines atau mesin pencari, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa file, gambar, musik, film, video, dll. Karena penyebaran informasi yang semakin cepat kita pun diuntungkan dengan mendapatkan informasi secara cepat juga.

b.      Menjual/Membeli secara Online

Penjual bisa memasarkan produknya lewat Internet dan kita bisa membeli sesuatu dengan instan karena lewat Internet juga. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia di halaman Web yang menyediakan penjualan secara on-line dan kita bisa membayarnya secara on-line seperti kartu kredit, transfer tunai di bank yang terdekat dengan anda, atau ada juga yang menyediakan sistem pembayaran cash on delivery (COD) yaitu, pembayaran yang dilakukan di tempat anda bertemu kurir pengirim barang, dan setelah itu kita sudah bisa mendapatkan produk atau jasa yang kita inginkan.

c.       Mengetahui Berita

Sekarang tidak perlu lagi menunggu jam-jam tertentu untuk menonton berita yang disiarkan di televisi atau pun membaca koran ketika pagi karena sudah banyak halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up to date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada.

d.      Pendidikan

Kita bisa memperoleh buku-buku yang dapat dibaca secara on-line maupun offline (setelah kita download/unduh terlebih dahulu) secara gratis. Kita juga bisa mendapatkan informasi-informasi tentang pendidikan secara cepat di halaman-halaman Web yang menyediakan informasi tentang pendidikan.

e.      Komunikasi

Kita bisa menggunakan chatt/email untuk berkomunikasi dengan teman kita secara jarak jauh. Dengan jejaring sosial pun yang sekarang sedang booming kita bisa mempunyai banyak teman baru di dunia maya mau pun menemukan teman lama kita di jejaring soial tersebut sehingga kita bisa terus berkomunikasi.

Kegunaan Internet yang saya paparkan diatas adalah pemaparan secara umum, sedangkan kegunaan Internet bagi saya secara pribadi adalah :

1.      Berkomunikasi. Saya bisa menggunakan chatt/email dengan teman saya untuk saling berkomunikasi.

2.      Mengirim tugas. Sekarang, banyak para dosen yang lebih suka bila tugas dikirim lewat email atau blog karena dapat mempercepat para dosen untuk melihat tugas kita tanpa harus menunggu dalam pertemuan minggu berikutnya.

3.      Mempunyai banyak teman. Dengan internet banyak hal yang saya dapatkan salah satunya untuk menambah teman lewat jejaring sosial. Hal itu sangat terasa saat saya harus mengikuti suatu lomba dan ternyata narasumbernya rela memberikan akun Facebook-nya kepada saya sehingga kami bisa saling bertukar ilmu lewat jejaring sosial tersebut.

4.      Mengunduh (download) lagu atau video. Dengan adanya internet kita bisa mendapatkan lagu yang kita suka tanpa mengeluarkan biaya yang besar kita bisa mendapatkannya di halaman Web yang menyediakan unduhan lagu secara gratis, begitu juga dengan video yang kita inginkan.

5.      Membeli secara on-line. Saya pernah merasakan membeli secara on-line dan itu menurut saya cukup praktis karena kita tidak perlu bersusah payah untuk mengunjungi toko-toko konvensional kita hanya perlu mengikuti cara-cara yang tertera di Web tersebut lalu membayarnya dan barang yang kita inginkan pun setelah itu dikirim ke alamat yang memesan.

Semua yang saya paparkan adalah mungkin sebagian dari kegunaan Internet baik secara umum atau pun secara saya pribadi yang terpenting adalah gunakan setiap kesempatan yang ada dengan hal yang positif seperti halnya menggunakan Internet . Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah merasakan kepraktisan yang Internet berikan dengan hal yang positif?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: