Salah Satu Faktor Lingkungan dalam Keputusan Personalia (Tantangan Ekonomi)

BAB I

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

 

Kondisi ekonomi secara umum sangat menentukan keberhasilan organisasi. Upah, harga yang ditetapkan oleh pemasok dan pesaing, serta kebijakan fiskal pemerintah akan memengaruhi biaya produksi barang dan penawaran jasa serta kondisi pasar tempat kita menjual.Indikator ekonomi umum mengukur pendapatan dan produk nasional, tabungan, investasi, harga, upah, produktivitas, lapangan kerja, aktivitas pemerintah, pengangguran, kebijakan moneter, lalu lintas devisa, suku bunga, lembaga keuangan bank dan non-bank, serta inflasi dan transaksi internasional.

Semua faktor ini bervariasai sepanjang waktu merupakan tugas dari sumber daya organisasi untuk membuat ramalan ekonomi dan mengantisipasi perubahan.

Persaingan global semakin meningkat membuat negara berkembang menargetkan pasar khusus. Persaingan ini menuntut semua organisasi untuk lebih produktif. Terkadang hal tersebut membuat terjadinya pengurangan Tenaga Kerja Manajemen SDM sehingga suatu perusahaan sering dihadapkan dengan keharusan mengurangi secara besar-besaran tenaga kerja, karena berbagai sebab, seperti resesi, berkurangnya aktivitas bisnis, dan lain-lain sehingga dalam keputusan manajemen personalia tidak terlepas dari munculnya tantangan ekonomi.

BAB II

PEMBAHASAN

Mengelola SDM di era globalisasi bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, berbagai macam infrastruktur perlu disiapkan untuk mendukung proses terwujudnya sumber daya mausia (SDM) yang berkualitas. Perusahaan yang ingin tetap eksis dan memiliki citra positif di mata masyarakat tidak akan mengabaikan aspek pengembangan kualitas SDM-nya. Oleh karena itu peran manajemen sumber daya manusia dalam organisasi tidak kecil, bahkan sebagai sentral pengelola maupun penyedia SDM bagi departemen lainnya.

Dalam keputusan manajemen personalia terdapat faktor eksternal yaitu keputusan yang berhubungan dengan bidang ekonomi yang mencakup kedalam pemilihan sumber daya manusia (SDM) untuk tingkat era globalisasi atau perdagangan bebas, penentuan upah untuk serikat pekerja, dan tantangan pembangunan infrastruktur untuk menarik investor asing ke suatu negara berkembang.)

Tantangan dalam pemilihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan perkembangan era globalisasi dari sudut MSDM berarti mengharuskan dilakukannya usaha mengantisipasi sebagai berikut :

• Perusahaan harus berusaha memiliki SDM yang mampu mengatasi pengaruh perkembangan bisnis/ekonomi internasional seperti resesi, penurunan/kenaikan nilai uang.

• Perusahaan harus berusaha memiliki SDM dengan kemampuan ikut serta dalam bisnis global/internasional dan perdagangan bebas.

Selain dalam pemilihan SDM tantangan yang lainnya adalah penentuan tingkat upah, keuntungan, dan kondisi kerja bagi jutaan pekerja. Hal tersebut  merupakan cerminan keputusan yang dibuat oleh manajemen dan serikat pekerja secara bersama-sama. Serikat pekerja adalah kelompok karyawan yang bersama – sama mewujudkan kesepakatan secara kolektif. Isu – isu dan masalah sentral yang sering dibicarakan antara serikat pekerja dan manajemen antara lain :

  • Wage-Related issue, meliputi penentuan upah minimum, penyesuaian upah, penyesuaian biaya hidup, dan tunjangan-tunjangan.
  • Supplementary economic benefits, meliputi rencana pensiun, tunjangan liburan, tunjangan hari raya, jaminan kesehatan, dan keamanan, reporting pay, dan tunjangan sejenis lainnya.
  • Institusional issue, meliputi hak dan kewajiban manajemen, pekerja, dan serikat pekerja, prosedur standar, kualitas kondisi kerja, dan hak-hak lainnya.
  • Administrative issue, meliputi senioritas, disiplin, pemecatan, peraturan kebijakan, keamanan pekerja, perubahan teknologi, keselamatan kerja dan pelatihan.

Permasalahan infrastruktur pun turut andil dalam permasalahan manajemen personalia untuk pengambilan keputusan pada bidang ekonomi karena hal tersebut berkaitan dengan keberlanjutan investasi dari perusahaan asing. Karena negara – negara yang memiliki ekonomi lemah mungkin tidak mampu untuk melakukan investasi dalam mempertahankan dan memperbaiki elemen – elemen penting infrastruktur mereka, seperti jalan – jalan, tenaga listrik, sekolah – sekolah, dan telekomunikasi. Ketiadaan infrastruktur yang baik mungkin menjadikannya lebih sulit untuk meyakinkan manajer dari Amerika Serikat, negara – negara Uni Eropa (UE), atau Jepang agar membawa tugasnya ke luar negeri.

Tantangan Ekonomi lainnya merupakan perubahan ekonomi yang akan berdampak pada  : permintaan akan karyawan baru, tumbuh dan berkembangnya program-program pelatihan. Dari perubahan tersebut berdampak pada perusahaan adalah peningkatan kerja, penawaran benefit yang baik, dan perbaikan kondisi kerja.

Contoh Kasus & solusi :

Beberapa waktu yang lalu telah ditandatangani  perjanjian CAFTA (China-ASEAN Free Trade Area) oleh pemerintah Republik Indonesia. Yang berarti dimulainya perdagangan bebas yang akan dilaksanakan pada tahun 2015. Perdagangan bebas menuntut SDM yang ada terutama di Indonesia untuk lebih memiliki keahlian yang lebih atau setara dengan negara-negara lain, contohnya yaitu keahlian dalam berbahasa asing/ internasional. Selain kemampuan lingustik, keahlian yang kita punya juga harus terus dikembangkan sesuai dengan dinamika yang ada. Sehingga kita dapat bersaing dan setara dengan SDM negara lain.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://agrimaniax.blogspot.com/2010/05/tantangan-manajemen-sdm.html

Robert L. Mathis-Jhon H. Jackson, Human Resource Management

http://sultanblack.blogspot.com/2009/11/konsep-dan-tantangan-manajemen-sumber.html

https://isa7695.wordpress.com/tag/konsep-dan-tantangan-manajemen-sumber-daya-manusia/



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: