Manfaat Buah Semangka

Semangka adalah buah yang manis dan berair, merupakan buah yang sangat baik pada musim panas, sehingga disebut Raja Melon. Semangka ini juga dinamakan Melon musim panas atau Melon Dingin. Dalam Buku Komprehensif Pertanian yang ditulis oleh Xu Guangqi dalam Dinasti Ming ini mengatakan: “Pemberian nama Semangka (Western Melon)karena berasal dari wilayah barat”.

Li Shizhen mencatat dalam Ben Cao Gang Mu: “Hu Jiao mendapatkan benih semangka di Hui He, maka dinamakan Western Melon. semangka ini dibawa masuk ke China pada saat Dinasti Generasi Lima. Sekarang semangka ditanam baik di wilayah selatan dan utara”.

Semangka tidak hanya buah yang populer di musim panas, jus dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai obat-obatan. Ben Cao Gang Mu mengatakan bahwa semangka bisa menghilangkan rasa haus dan panas, menyembuhkan tenggorokan kering dan menyakitkan, membantu buang air kecil, juga baik untuk sembelit dan mengatasi kecanduan alkohol.

Pengobatan Tradisional Cina mengatakan kulit semangka yang dingin dan manis dapat mengobati tenggorokan yang bengkak dan apotheosis, bahkan biang keringat. Akar dan daun semangka dapat digunakan untuk mengobati diare dan radang usus. Benih-benih semangka memiliki sifat hangat dan baik untuk memproduksi air liur dalam mulut, yang bermanfaat bagi paru-paru dan usus.

Sumber :http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/13591-manfaat-buah-semangka

Nah selain manfaat saya juga akan mebagikan cara memilih Semangka yang baik yang saya ambil sumbernya dari http://www.okefood.com/read/2011/08/25/304/496428/304/pilih-pilih-semangka-yang-baik

Cara Memilih Semangka yang Baik

Berikut ini cara memilih buah semangka yang baik, seperti dilansir Ehow.

– Periksalah warna semangka. Jika warna semangka agak kehijauan atau putih, itu berarti semangka tidak matang. Sebab, warna yang keluar dari semangka adalah hijau terang.

– Cari semangka yang bebas luka goresan, terutama pada bagian daging semangka.

Ketuk semangka dengan jari atau satu tangan Anda sambil mendengarkan suara. Bila menghasilkan gema, itu menunjukkan daging semangka padat. Jika warnanya agak kusam, maka semangka tersebut sudah matang.

Selamat Mencoba !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: