Enam Kiat Agar Mata Lebih Sehat

Sumber : Amelia Ayu Kinanti | Yahoo News – Sel, 22 Mar 2011 16.18 WIB (www.yahoo.co.id) 

1. Gunakan cahaya ruangan yang sesuai. Cahaya ruangan sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Berkegiatan di dalam ruangan yang terlalu gelap (atau terlalu terang) akan membuat mata Anda kesulitan beradaptasi sehingga mengalami gangguan penglihatan. Sesuaikan cahaya lampu pilihan Anda dengan kebutuhan.

2. Gunakan cahaya alami. Cahaya alami ruangan bisa didapatkan dari cahaya matahari. Selain itu, ruangan juga bisa tampak terang dengan pilihan warna dinding yang terang, seperti putih atau warna-warna pastel.

3. Lindungi mata. Lindungi mata Anda dari radiasi monitor komputer dan TV dengan menggunakan kacamata berlensa antiradiasi. Anda juga bisa mengunakan pelapis monitor pada komputer guna mengurangi radiasi yang masuk ke mata.

4. Sesuaikan setelan komputer. Setelan komputer juga bisa mempengaruhi kesehatan mata. Aturlah tingkat kecerahan layar komputer dengan tepat. Jangan terlalu redup, jangan juga terlalu terang. Pilihlah ukuran huruf yang sesuai dengan kemampuan mata Anda. Ukuran huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar hanya akan membuat mata Anda letih.

5. Bersihkan layar TV dan komputer. Terkadang layar TV dan komputer yang kotor membuat kualitas gambarnya terganggu. Ketimbang mata Anda menjadi letih dibuatnya, jangan lupa untuk selalu membersihkan layar televisi/komputer sebelum memakainya.

6. Ambil posisi yang tepat. Baik memakai komputer maupun TV, selalu sesuaikan jarak pandang Anda terhadap ukuran layarnya. Jangan sampai mata rusak karena jarak Anda terlalu dekat atau terlalu jauh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: