Kartu Plastik

Kartu Plastik pada dasarnya adalah kartu yang yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan tertentu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran atas transaksi barang atau jasa, menjamin keabsahan cek yang dikeluarkan, dan untuk melakukan penarikan uang tunai.

Cerita Tentang Kartu Plastik

            Awal pembuatan kartu plastik sebagaialat pembayaran sudah terbayang oleh seorangf pengacara Amerika yang beralih profesi menjadi wartawan, bernama Edward Bellamy, menulis sebuah buku pada tahun 1887 yang diterbitkan setahun kemudian dengan judul Looking Backward, yang kemudian menjadi buku terlaris pada masanya. Dalam buku tersebut Bellamybmengambil set cerita di Boston, Amerika Serikat untuk tahun 2000. Dalam salah satu dialognya disebutkan bahwa pada tahun 2000 (seratus tiga belas tahun setelah penulisan buku tersebut), uang sebagai alat pembayaran akan tergeser dengan kartu kredit, dimna pemegangnya dapat memenuhi seluruh kebutuhannya dengan menggunakan kartu tersebut.

            Prediksi Bellami tentang kartu tersebut ternyata tidak perlu menunggu waktu selama itu karena padaa tahun 1950-an, atau 63 tahun kemudian penggunaan kartu kredit telah dimulai dan terjadi secara kebetulan di suatu restoran di New York, Amerika Serikat. Seorang pengusaha yang cukup terkenal mengundang mitra bisnisnya untuk makan malam bersama sambil melakukan negoisasi. Begitu selesai acara makan dan siap-siap untuk pulang, pengusaha tersebut sangat terkejut dan baru menyadari kalau ia tidak membawa dompet sama sekali. Dengan perasaan yang teramat malu, pengusaha tadi memberikan kartu identitasnya terhadap restoran tersebut sebagai jaminan untuk kemudian dapat ditagih dikantornya pada esok harinya.

            Kejadian yang tidak terduga yang dialamai pengusaha tersebut, yang bernama Franc McNamara, mengilhaminya untuk menciptakan suatu mekanisme pembayaran dengan  menggunakan instrument kartu. Metode pembayaran transaksi dengan kartu jauh lebih aman dan praktis dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Kartu plastic pertama yang dikeluarkan dan dirintis oleh pengusaha yang bersangkutan, dikenal dan digunakan sampai saat ini adalah Diners Club.

            Kartu plastik terutama memasuki akhir 1970-an, telah merambah hampir ke seluruh bagian dunia, termasuk Indonesia. Kartu plastic yang paling umum digunakan oleh masyarakat dan berlaku secara internasional saat ini terdiri atas berbagai merek, antara lain yang sangat popular adalah Visa dan Master Card.

Penggolongan Kartu Plastik

Kartu plastic pada prinsipnyadapat digolongkan berdasarkan fungsi dan tempat berlakunya.

Berdasarkan Fungsi

  1. Credit Card
  2. Change Card
  3. Debit Card
  4. Cash Card
  5. Check Guarantee Card

Berdasarkan Wilayah Berlakunya

  1. Kartu plastic local
  2. Kartu plastic internasional

  • Credit card: jenis kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa dimana pelunasan atau pembayarannya kembali dapat dilakukan sekaligus atau dengan cara mencicil sejumlah minimum tertentu. Contohnya: Visa dan Master card.
  • Change card: kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran suatu transaksi jual beli barang atau jasa dimana nasabah harus membayar kembali seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan atau bulan berikutnya dengan atau tanpa biaya tambahan.
  • Debit card: ini ditujukan untuk pembayaran atas transaksi jual beli barang atau jasa yang pada prinsipnya merupakan transaksi tunai dengan tidak menggunakan uang tunai akan tetapi pelunasannya atu pembayarannya dilakukan dengan cara mengurangi secara langsung saldo rekening simpanan pemegang kartu yang bersangkutan dan dalam waktu yang sama mengkredit rekening penjual sebesar jumlah nilai transaksi pada bank penerbit.
  • Cash card: kartu yang memungkinkan pemegang kartu untuk menarik uang tunai, baik langsung pada kasir bank maupn melalui ATM bank tertentu yang biasanya tersebar ditempat-tempat strategis.
  • Check Guarantee card: kartu ini pada prinsipnya dapat digunakan sebagai jaminan dalam penarikan cek oleh pemegang kartu. Kartu jenis ini sangat popular di Eropa, terutama di Inggris.
  • Kartu plastic local: merupakan kartu plastic yang hanya berlaku dan dapat digunakan di suatu wilayah tertentu saja, misal hanya bisa di Indonesia saja.
  • Kartu Plastik Internasional: kartu yang dapat digunakn dan berlaku sebagai alat pembayaran secara internasional. Contoh: Visa dan Master Card.

Sumber : Siamat, Dahlan. 1995. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta : Intermedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: