Filantropis

Hal apakah yang paling membuat manusia bahagia? Jawabannya, uang! Seberapa banyak endorfin hormon yang terlibat dalam suasana batin penuh suka cita yang diproduksi tubuh ternyata paling dipengaruhi oleh seberapa banyak kekayaan dimiliki oleh seorang individu. Semakin nyaring gemerincing harta, semakin berbunga hati dibuatnya. Demikian penegasan yang dihasilkan oleh Ruut Veenhoven, profesor sosiologi, lewat studinya selama 30 tahun di 140 negara. Banyak orang yang di dunia ini yang menginginkan harta dan kekayaan. Tapi apakah semua orang hanya menginginkan harta kekayaan untuk pribadi diri mereka masing-masing? Menurut penulis jawabannya tidak juga. Ada banyak orang yang mengejar materi untuk menikmatinya tapi juga tidak lupa membagi-bagikannya kepada pihak yang membutuhkan.

Filantropi berasal dari bahasa yunani, philein, “cinta” dan anthropos, “manusia”, adalah tindakan seseorang yang mencintai terhadap sesamanya (manusia) sehingga menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain. Istilah ini umumnya diberikan pada orang-orang yang memberikan banyak dana misalnya dalam beramal. Seorang ini biasanya seorang kaya raya yang sering menyumbang kaum miskin.

Penulis juga mencari tahu tentang definisi filantropis dalam KBBI online dan ini definisi yang penulis temukan, fi·lan·tro·pis a bersifat filantropi; berdasarkan cinta kasih thd sesama manusia. Bisa kita simpulkan filatropis adalah yang manusia yang hidupnya berdasarkan cinta kasih terhadap sesama manusia karena mereka mau menyumbangkan waktu, tenaga, dan uang untuk menolong orang lain.

Ini dia contoh filantropis Indonesia versi majalah Forbes:

  1. 1.     Ciputra (Ciputra Grup). Ia begitu tersohor sebagai sebagai pengusaha sukses di bidang bisnis properti. Ia sukses membangun salah satu perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia, yakni Ciputra Grup. Dan, ternyata ia seorang filantropis yang telah mendirikan perguruan tinggi yang fokus pada bidang entrepreneurship (wirausaha). Ia menggelontorkan dana sejumlah USD10 juta pada tahun 2006 untuk mendirikan Universitas Ciputra di Surabaya.
  2. 2.     Gunawan Jusuf (Sugar Grup). Ia bukan mendirikan sekolah baru, tapi melanjutkan perjuangan ibunya, Rachmiwaty, yang telah mendirikan sekolah Sugar Grup pada tahun 2005. Ia mendanai sekolah yang menyediakan pendidikan gratis untuk 1.900 anak para pekerja lading tebu. Sekolah ini juga siap memberikan beasiswa penuh untuk kuliah bagi siswanya yang berprestasi.
  3. 3.     Low Tuck Kwong (Bayan Resources). Ia adalah pendiri dan kepala bagian tambang batu bara Bayan Resources. Ia dikenal sebagai seorang pengusaha yang aktif memberikan donasi kepada berbagai perguruan tinggi, bukan hanya di Indonesia, tapi sampai ke Singapura dan Filipina. Salah satu catatan tentang itu, misalnya, tahun lalu ia menyumbangkan sejumlah USD3 juta kepada sekolah bisnis di bawah naungan University of Singapore. Adapun tahun ini, konon donasinya dialamatkan ke sebuah perpustakaan hukum di salah satu kampus Singapura. Ia menjadi penyokong dana berbagai kelompok kemanusiaan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Samaritans of Singapore dan Children’s Society.
  4. 4.     Tahir (Mayapada Grup). Tak tanggung-tanggung, ia telah mendonasikan lebih dari USD50 juta ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Singapura, China dan Amerika Serikat (AS). Adapun tahun ini, ia memberikan lebih dari USD24 juta kepada National University of Singapore untuk riset medis. Ia juga telah menyiapkan 10 ribu laptop untuk siswa berprestasi dan membutuhkan di masing-masing sekolah. Ia juga mitra investor di Wahana Mediatama, pemegang lisensi Penerbitan Forbes Indonesia.

Bila di luar negeri kita mengenal sosok:

1.     Jackie Chan yang seorang filantopis  yang sangat ramah dan seorang duta dari UNICEF Goodwill Ambassador, telah bekerja tanpa mengenal lelah untuk mengkampanyekan pekerjaan-pekerjaan sosial. Ia juga sudah mengkampanyekan melawan penganiayaan binatang dan menggalang dana untuk para korban banjir di Cina. Menginjak bulan Juni 2006, dia mengumumkan bahwa hampir 50 persen aset perusahaannya akan disumbangkan ke yayasan sosial ketika dia meninggal, yang dipicu atas kekagumannya akan tokoh-tokoh Warren Buffett dan Bill Gates untuk membantu mereka yang membutuhkannya.  Sesudah terjadinya gempa bumi Sichuan 2008, Chan menyumbangkan ¥10 juta untuk membantu mereka-mereka yang membutuhkan. Selain itu ia juga merencanakan untuk membuat film tentang gempa bumi China untuk menjaring sumbangan bagi mereka yang selamat.

  1. Pasangan Brangelina (Brad Pitt – Angelina Jolie). Sumbangan Brangelina, begitu pasangan ini biasa disebut, terhitung luar biasa. Angkanya lebih dari separuh penghasilan yang mereka dapatkan. Menurut catatan Hollywood Reporter, sepanjang tahun lalu, Pitt dan Jolie menghasilkan US$13 juta.
    Brangelina menyumbangkan separo dari pengembalian pajak dari organisasi pertunjukan untuk amal. Mereka, misalnya, menyumbang lembaga nonprofit Global Health sebesar US$2 juta dan US$1 juta lainnya untuk Human Rights Watch dan Make it Right Foundation, sebuah yayasan sosial Pitt untuk membantu membangun rumah korban badai Hurricane di New Orleans, Louisiana.
    Pasangan ternama ini juga menyumbangkan US$500 ribu untuk Yayasan Tentara YMCA, US$ 50 ribu untuk sekolah umum di kampung Pitt di Springfield, Missouri. Sedangkan sekitar US$ 1 juta lainnya disumbangkan untuk sejumlah proyek di Kamboja, negara di mana Jolie mengadopsi Maddox yang kini berusia delapan tahun dan kemudian menjadi anak Pitt juga.

Source:

http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/1787650-menjadi-filantropis/#ixzz20NSz5HyC

http://id.wikipedia.org/wiki/Filantropi

http://www.mizan.com/index.php?fuseaction=news_det&id=797

http://id.wikipedia.org/wiki/Jackie_Chan

http://www.inilah.com/read/detail/185072/brangelina-raja-ratu-filantropi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: