PELUANG USAHA ONLINE DENGAN PROMOSI ENDORSEMENT MELALUI ARTIS

Latar Belakang

Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment).Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Menurut Carol Noore yang dikutip oleh Bygrave, proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi.

Sebagai bentuk inovasi dalam menjalani usahanya wirausahawan perlu melakukan promosi untuk memperkenal produknya kepada konsumen, promosi mengandung arti kegiatan perusahaan mengkomunikasikan produknya. Komunikasi ini bisa dilakukan dengan cara advertising, direct marketing, sales promotion, dan public relation.

Advertising

Metode ini dapat menjangkau banyak orang dan bisa diulang beberapa kali. Advertising cocok digunakan untuk pasar umum. Sifat komunikasinya adalah satu arah. Dalam membuat iklan pertimbangkan tujuan promosi, biaya iklan, media yang dipilih, timing, dan evaluasi.
Tujuan promosi adalah i nformasi yang membujuk, mengingatkan, dan memberi tahu dan  disesuaikan dengan strategi perusahaan.

Public Relation

Public Relation digunakan untuk membangun hubungan baik dengan publik untuk mendapatkan publisitas yang menguntungkan, citra yang baik, dan meluruskan rumor yang kurang baik.  Personality symbol adalah imej orang yang digunakan untuk menggambarkan imej perusahaan. Namun, imej orang tersebut tidak menggantikan imej perusahaan maupun produknya. Orang yang imejnya digunakan untuk promosi macam ini disebut endorser.

Personal Selling

Personal Selling adalah presentasi personal oleh tenaga penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Cara ini melihatkan interaksi personal antar dua orang atau lebih, membangun hubungan, dan merupakan alat promosi yang mahal. Proses penjualan yang professional adalah sebagai berikut : prospecting, preapproach, approach, presentatioan, dealing with objections, closing the sale, follow up. Barang-barang yang cocok dijual oleh tenaga penjual adalah barang-barang yang harganya mahal.

Tujuan Penulisan

  1. Untuk menambah nilai mata kuliah Softskill 2
  2. Untuk membuat para pembaca mengerti mengenai Endorse Artis

Hipotesa

Inovasi yang terus berkembang pada wirausaha membuat semakin banyak strategi yang dikeluarkan untuk memperkenalkan produknya seperti yang sedang merebak saat ini banyak yang melakukan penjulan secara online dan melakukan promosi dengan endorsement. Endorsement adalah salah satu cara promosi yang sekarang ini sedang digandrungi oleh para wirausahawan yang menjual produknya secara online. Endorsement disini memiliki arti sebagai sokongan;dukungan. Sistem ini tidak begitu memakan biaya besar seperti iklan di TV dan sebagainya. Promosi ini hanya perlu menawarkan produk yang kita jual kepada artis yang menurut Anda dapat menerima penawaran Anda (biasanya penawaran tersebut dilakukan melalui jejaring sosial Twitter) setelah Anda melakukan kesepakatan dengan artis yang mau meng-endorse produk Anda, Anda langsung dapat mengirim barang yang diendorse ke pihak artis dan setelah artis tersebut mendapatkan barang yang perlu dipromosikan dia akan memfoto produk tersebut dengan dirinya dan melakukan promosi, biasanya melalui akun twitter artis tersebut, dan tentunya terdapat nama toko online agar khalayak dapat mengetahui dimana produk tersebut dijual karena itu adalah salah satu cara bagian promosi. Kegiatan ini lebih dikenal dengan Endorse Artis.

Strategi ini cukup efektif dan murah meriah karena strategi ini dapat memperkenalkan produk kepada publik melalui akun twitter sang artis yang memiliki begitu banyak followers dan tentunya tidak memakan biaya mahal,seperti cara iklan lainnya (iklan melaui majalah, TV,dll) karena kita tidak perlu membayar sang artis hanya cukup menawarkan produk kita ke artis yang dituju dan setelah ada kesepakatan kita langsung dapat mengirim produk tersebut.

Kasus yang penulis ambil melalui http://wolipop.detik.com

Mega Isa, pemilik online shop abon cabai Cunis dan keripik cokelat Ryco termasuk yang menggunakan artis untuk mempromosikan produknya. Dia baru tiga bulan mulai berbisnis makanan di dunia maya. Sebulan pertama bisnisnya belum terlalu berkembang. Di bulan kedua, Mega memutuskan memakai selebriti untuk mengenalkan produknya.

“Aku pernah endorse Lyra Virna, Ivan Permana, Kiki Amalia, Linda Ramadanti, Sheza Idris,” tuturnya saat berbincang dengan wolipop Jumat (28/9/2012).

Kerjasama yang dilakukan Mega dengan para artis itu cukup mudah. Tanpa perlu bertemu, dia hanya berkomunikasi melalui Twitter atau BBM dengan mereka. Awalnya dia pun hanya mention ke artis tersebut apakah mau mengendorse produknya atau tidak. Setelah si artis setuju, dia lalu mengirimkan abon dan keripik cokelatnya. Kemudian artis tersebut berkewajiban memposting foto diri mereka sedang memegang produk itu di Twitter.

“Twitpic delapan kali. Satu artis aku kasih lima keripik dan tiga abon,” tutur Mega. Dengan cara tersebut diakui wanita 25 tahun ini omzet penjualannya meningkat tajam. “Semenjak endorse lumayan meningkat, tiga kali lipat. Omzetnya sebulan Rp 5 juta,” tambahnya.

Pemilik online shop lainnya yang juga menggunakan artis sebagai endorse adalah Inge Sandradila. Pendiri online shop Deshop yang berdomisili di Medan ini memilih selebriti seperti Masayu, Tiara Sumiarto, Nova Soraya dan Risty Tagor untuk mempromosikan barang-barang yang ia jual seperti sepatu, baju, tas dan aksesori. Setiap artis tersebut biasanya ia berikan tiga produk setiap minggunya. Kemudian setelah dipakai, si artis berkewajiban tweet pic produk tersebut. Selebriti yang diendorse itu juga harus meretweet beberapa produk yang berhubungan dengan mereka. Bagaimana dampak penggunaan endorse artis ini?

“Balik modal banget. Sekarang seminggu bisa dapat keuntungan Rp 4-5 juta. Follower Twitter bertambah jadi 1.700-an. Kontak di BBM sekarang 2000-an,” urainya.

Hal serupa dirasakan oleh pemilik online shop Bag Lovers, Syela Kusumatmaja. Awalnya Syela hanya meng-endorse Lyra Virna. Bintang sinetron itu dia berikan beberapa tas secara gratis,

“Setelah itu responnya banyak, followers nambah, sampai kontak BBM juga ikut nambah. Penambahan followersnya sangat cepat. Dalam satu hari bisa nambah 200 followers di Twitter. Penjualan naik lima kali lipat dalam waktu kurang dari sebulan,” urai wanita yang akrab disapa Ella itu.

Ella yang tinggal di Semarang itu pun berpikir untuk menambah lagi artis untuk mempromosikan online shopnya. “Lama kelamaan saya pikir kalau artisnya cuma satu saja nanti followersnya cuma itu-itu saja. Jadi saya endorse beberapa lagi. Ada Lyra Virna, Masayu, Rianti, Melanie Subono, Melanie Ricardo,” tuturnya.

Menurut Ella, dulu ketika belum banyak online shop menggunakan artis untuk berprmosi, sistem endorse ini cukup efektif meningkatkan penjualan. Namun sekarang sudah cukup banyak online shop yang melakukan hal serupa, sehingga otomatis saingan pun semakin bertambah. Meski begitu, keuntungan yang didapat Ella masih tetap menggiurkan.

“Keuntungan bersih satu bulan variatif. Kalau lagi ramai Rp 10 juta, kalau lagi sepi ya setengahnya,” jelasnya.

Simpulan

Berdasarkan hipotesa tersebut, maka dapat diambil simpulan bahwa penggunaan promosi melalui Endorse Artis sebagai media pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bisnis online. Dengan memanfaatkaan jejaring sosial para pebisnis dapat meraih pangsa pasar yang luas dan bisa memasarkan produknya dengan promosi yang menarik minat pembeli dan dapat memperkenalkan secara luas.

Perlu diperhatikan dalam Endorse Artis kita perlu melakukan penawaran dengan artis yang lain jangan hanya tertuju pada satu artis saja agar produk kita lebih dikenal lagi. Kita perlu mencari tahu artis yang tepat untuk mempromosikan produk kita, kita dapat melihat testimoni pihak – pihak lain yang telah lebih dulu melakukan Endorse Artis melalui internet. Kita juga perlu tahu tata cara dalam melalukan promosi secara Endorse Artis melalui http://endorseartis.wordpress.com/ atau pun dengan tata cara lainnya yang berkenan yang dapat kita lebih gali lagi dengan mencari melalui internet.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan

http://id.shvoong.com/business-management/marketing/1912045-bentuk-bentuk-promosi/

http://wolipop.detik.com/read/2012/10/02/110633/2052128/1133/endorse-artis-buat-omzet-online-shop-naik-hingga-lima-kali-lipat

http://endorseartis.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: